MENINGKATKAN MINAT KEWIRAUSAHAAN, HIMANAJ UNIBOS ADAKAN TALKSHOW

Dalam rangka membangkitkan semangat mahasiswa untuk berwirausaha, Himpunan Mahasiswa Manajemen (HIMANAJ) Universitas Bosowa menggelar seminar entrepreneurship di Ruang Senat Kampus I Unibos, Senin (24/10).

Kegiatan yang bertemakan “Success Story Entrepreneur” ini menghadirkan tiga alumni Unibos dari Fakultas Ekonomi. Bersama Feriyan yang memiliki usaha bidang konveksi, Ade Riansyah yang bisnisnya bergerak dibidang art maker dan juga Hj. Sukriah Firman sebagai owner CV. Aditya Tunas Distribusindo, para peserta antusias mendengar bagaimana kiat-kiat berbisnis yang baik dan mencapai kesuksesan.

Salah satu hal penting yang harus dimiliki oleh seorang entrepreneur, menurut Feriyan adalah kekuatan fokus termasuk dalam mengembangkan kemampuan yang dimiliki. “Semua bisnis itu butuh proses yang tidak singkat. Semua butuh perjuangan keras dan mental yang kuat untuk menghadapi segala tantangan yang akan hadir ketika bisnis mulai berjalan. Tetapi awal untuk membangun sebuah bisnis itu butuh kekuatan dan kemampuan diri kita untuk tetap fokus. Baik fokus dalam mengenali sejauh mana kemampuan diri kita juga fokus untuk mengembangkan bakat yang kita punya. Sebab bisnis juga dapat dimulai dari kegemaran yang kita miliki”, ungkap entrepreneur konveksi ini.

Dalam pemaparan pengalaman bisnis, hal tersebut juga diungkapkan oleh Hj. Sukriah jika sebuah bisnis itu tidak harus dimulai dengan bisnis yang besar. Bisa saja dimulai dari lingkungan sekitar dengan mengenali kebutuhan-kebutuhan mereka. “Mulai berbisnis bisa dari mana saja. Termasuk mengajak teman, keluarga atau kerabat dekat yang memiliki minat yang sama. Untuk aplikasi bisnisnya, bisa juga dimulai dari sebuah komunitas, grup-grup, mendukung acara-acara kampus hingga nantinya akan menjadi sebuah bisnis yang besar”, katanya.

Ada beberapa yang bisa ditanamkan untuk membangun sebuah bisnis agar mencapai kesuksesan. Seperti halnya prinsip Bill Gates yang diungkapkan Ade Riansyah untuk memberikan semangat berbisnis bagi mahasiswa. Fokus, disiplin, percaya diri dan berbagi. Empat hal tersebut yang bisa menjadi dasar terbangunnya sebuah bisnis yang baik. Menurut Ade Riansyah, hal tersebut juga harus berbanding lurus dengan semangat, kualitas diri dan modal lainnya. “Jangan takut gagal karena bisnis memang butuh kesabaran. Asa kemampuan diri mulai sekarang dan cobalah terima saran dari orang lain”, Ade Riansyah saat memberikan motivasi bagi mahasiswa.

Kegiatan yang diikuti oleh seluruh mahasiswa baru Fakultas Ekonomi ini juga dilaksanakan sebagai perwujudan mata kuliah kewirausahaan. Selain mendukung mahasiswa mengembangkan bakat dan meningkatkan minat usaha, kegiatan ini juga bisa menjadi acuan bagi mahasiswa memilih untuk menjadi apa yang diinginkan dikemudian hari. Termasuk untuk menjadi seseorang yang mampu memberikan lapangan kerja bagi orang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *