MENINGKATKAN PEMAHAMAN PERBANKAN, FAKULTAS EKONOMI UNIBOS GELAR KULIAH UMUM

MENINGKATKAN PEMAHAMAN PERBANKAN, FAKULTAS EKONOMI UNIBOS GELAR KULIAH UMUM

Memahami dunia perbankan memang baiknya melalui pemaparan langsung dari ahli yang bergerak dalam bidang tersebut. Selain memiliki pengalaman, mahasiswa juga mengetahui secara langsung bagaimana proses pengembangan perekonomian yang terjadi saat ini. Hal ini yang mendorong Fakultas Ekonomi Universitas Bosowa (Unibos) gelar kuliah umum, Selasa (23/05).

Kegiatan yang dilaksanakan di Ruang Senat Lantai 9 Gedung I Unibos ini menghadirkan Syamsul Bahri selaku Manager dan Anita selaku Asisten Manager Bank Indonesia Divisi Pengembangan Ekonomi Kantor Wilayah Sulawesi Selatan.

Mengangkat tema Peran dan Fungsi Bank Indonesia Dalam Perekonomian, Anita memberi pemahaman dengan mengangkat topik emisi uang baru. Menurutnya, inilah salah satu contoh paling mendasar yang dapat memberikan pemahaman fungsi dan tugas Bank Indonesia.

“Salah satu indikator tugas Bank Indonesia dijalankan itu untuk tetap mencapai dan memelihara kestabilan ekonomi. Dimulai dengan munculnya uang emisi baru ini menunjukan bahwa Bank Indonesia harus tetap menjaga kepercayaan masyarakat jika nilai rupiah akan tetap menjadi alat tukar yang sah”, tutur Anita.

“Uang emisi baru ini salah satu upaya Bank Indonesia untuk mencegah terjadinya pemalsuan yang menyebabkan menurunnya kepercayaan masyarakat terhadap mata uang. Uang emisi baru juga sudah memiliki dua tanda tangan dari pihak berbeda sehingga diakui sebagai uang NKRI berdasarkan undang-undang”, tambah Anita sebagai narasumber di kuliah umum ini.

Selain dihadiri para dosen, kegiatan yang diikuti mahasiswa Fakultas Ekonomi ini turut antusias memberikan pertanyaan kepada narasumber terkait pengembangan ekonomi di indonesia. Salah satunya tentang inflasi yang dinggap sebagai upaya untuk meningkatkan daya beli demi kesejahteraan masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *