PRODI MANAJEMEN UNIBOS DAPAT DOKTOR BARU

PRODI MANAJEMEN UNIBOS DAPAT DOKTOR BARU

Hasanuddin Remmang S.E M.Si dosen Ilmu Ekonomi Universitas Bosowa (Unibos) 45 raih gelar Doktor dalam bidang Pendidikan Ekonomi di Universitas Negeri Makassar. Disertasi yang berjudul “Perilaku Pengembangan Usaha Agribisnis Ayam Buras di Sulawesi Selatan” berhasil dipertahankan di hadapan para penguji. Presentasi disertasi dilaksanakan di Aula PPs Gedung AD lantai 5, Universitas Negeri Makassar, Rabu (24/6).

Hasanuddin Remmang yang juga adalah ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM)  Unibos ini berhasil meraih IPK 3.92. Penelitian yang dilakukan berfokus pada data penelitian terhadap kemampuan produksi ayam buras melalui tiga dimensi antara lain kuantitas, kualitas, dan persediaan dengan dibentuk oleh beberapa indikator. Selain itu, kemampuan pemasaran ayam buras, dan kemampuan pengelolaan keuangan juga melengkapi fokus penelitian yang dilakukan.

Penelitian yang  telah dilaksanakan sejak bulan April-Oktober 2014 di dua kabupaten, Maros dan Gowa ini menggunakan metode survey. Dengan menggunakan wawancara, kuesioner, dan data sekunder sebagai instrumen penelitian.

Penelitian tentang usaha ayam buras ini menarik kesimpulan bahwa pelaku usaha peternakan ayam buras di kabupaten Maros dan Gowa memiliki kemampuan produksi, pemasaran, dan pengelolaan keuangan terhadap perkembangan penjualan. Selain itu, perkembangan penjualan pada usaha peternakan ayam buras di dua kabupaten tersebut telah ditentukan oleh kemampuan produksi, pemasaran, dan pengelolaan keuangan pelaku usaha peternakan ayam buras.

Penelitian ini juga menunjukkan bahwa perkembangan penjualan ayam buras memiliki pengaruh positif terhadap profit/laba usaha. Sehingga disadari bahwa secara tidak langsung peningkatan profit/laba usaha dipengaruhi oleh volume penjualan melalui kontribusi kemampuan produksi, pemasaran dan pengelolaan keuangan olehnya perlu peningkatan mitra usaha.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *