Akuntansi

Kontak

Kantor Pusat Prodi Akuntansi Universitas Bosowa.
Lantai VI, Kampus I, Universitas Bosowa.
Jl. Urip Sumoharjo, km.4, Makassar

Pengelolaan fungsional dan operasional Prodi Akuntansi telah diatur dalam dokumen-dokumen berikut :

  • Keputusan Yayasan tentang Struktur Organisasi Universitas Bosowa
  • Rencana Strategis dan Operasional Prodi Fakultas dan Prodi Akuntansi
  • Prosedur Baku/Standar Operational Prosedure (SOP) Fakultas Ekonomi Universitas Bosowa.
  • Panduan Akademik Prodi Akuntansi.

Berdasarkan dokumen-dokumen tersebut dijabarkan dalam kegiatan :

1. Perencanaan

Prodi Akuntansi fakultas Ekonomi Universitas Bosowa menyusun Rencana Kerja Semesteran / Tahunan. Rencana kerja mencakup seluruh rencana kegiatan akademik dan non akademik yang terbagi atas kegiatan rutin dan kegiatan pengembangan.  Untuk  kegiatan  rutin  dilaksanakan dalam setiap setiap semester dan kegiatan pengembangan diperlukan proposal kegiatan yang di dalamnya harus menunjukkan standar capaian yang dituju melalui mekanisme rapat Prodi.Pelaksanaan kegiatan akademik dianggarkan dalam RKAT setiap semester dengan berkoordinasi pada fakultas dan universitas.

Keseluruhan kegiatan akademik dan pengembangan yang tercantum dalam rencana kerja tersebut berlandaskan pada visi, misi, dan tujuan yang  telah disepakati yang ingin dicapai berdasarkan kondisi sekarang. Proses rinci kegiatan dapat dijelaskan sebagai berikut :

  1. Setiap awal semester Ketua Program Studi (KPS) mengadakan pertemuan dengan dosen tetap maupun dosen tidak tetap serta ketua laboratorium untuk membicarakan kegiatan proses pembelajaran/perkuliahan semester yang akan berlangsung.
  2. Pengembangan Silabus, GBPP dan SAP serta materi ajar.
  3. Mengidentifikasi dan menganalisis kebutuhan sarana dan prasarana penunjang pendidikan, kesiapan tenaga pengajar dan tenaga kependididkan, Kartu Rencana Studi (KRS) serta Kartu Hasil Studi (KHS) mahasiswa.
  4. Mengidentifikasi dan menyusun kegiatan penelitiandan pengabdian dosen dan mahasiswa. Menyusun pedoman dan program pembimbingan akademik.
  5. Menentukan standar pencapaian program pendidikan.

Sumber dana terbesar saat ini berasal dari SPP/BPP mahasiswa dan Yayasan Aksa Mahmud. Sistem penganggaran tahunan dilaksanakan berdasarkan  Rencana Kegiatan dan Anggaran Tahunan (RKAT) Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Bosowa Makassar, yang disusun mengikuti ketentuan dan pedoman system penganggaran Universitas Bosowa. RKAT tersebut diusulkan ke Wakil Dekan II kemudian diteruskan ke Wakil Rektor II bagian keuangan dan sumber daya manusia yang kemudian diteruskan ke bagian keuangan Yayasan Aksa Mahmud.

2. Pengorganisasian

Pengorganisasi kegiatan Prodi Akuntansidisusun dengan mengacu pada Statuta Universitas Bosowa. Setiap kegiatan dijadwalkan dengan menyertakan rencana alokasi anggaran dan penanggung jawab kegiatan. Sejumlah kegiatan diorganisasikan di tingkat universitas, misalnya kegiatan penelitian, kerjasama, dan seminar di luar negeri. Kegiatan lain, misalnya pelaksanaan kegiatan pembelajaran, diorganisasikan di tingkat program studi.

Adapun kegiatan yang diorganisasikan dalam lingkup Prodi Akuntansi :

  1. Mengorganisir setiap kegiatan ilmiah dan kegiatan akademik yang akan dilakukan baik oleh dosen pengajar maupun oleh mahasiswa diorganisir oleh KPS.
  2. Penetapan kualifikasi dosen pengampu mata kuliah dan tim dosen (team teaching) yang diketuai oleh seorang dosen pengampu matakuliah (penaggung jawab matakuliah).
  3. Dosen pengampu matakuliah menetapkan tugas dan tanggung jawab dalam pemberian mata kuliah, mengevaluasi kegiatan belajar mengajar dan mengkoordinasikan kepada anggota tim dosen.
  4. Dosen pengampu dan tim menetapkan metode kegiatan belajar mengajar tatap muka dikelas, diskusi, seminar, tugas dan ujian evaluasi.
  5. Kegiatan belajar mengajar untuk metode ceramah didahului dengan pemberian orientasi materi dilengkapi dengan pemberian diskripsi mata pelajaran, kontrak pokok bahasan perkuliahan dan dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab.
  6. Menentukan penggunaan media pembelajaran, misalnya LCD termasuk pemanfaatan teknologi informasi dalam pencarian referensi dari jaringan hotspot maupun penelusuran pustaka di perpustakaan dengan sistem informasi perpustakaan (SISTA).
  7. KPS menyusun rencana pembiayaan kegiatan akademik setiap semester yang diusulkan ke wakil dekan II.

3. Pengembangan Staf

Pengelolaan sumberdaya manusia (dosen dan tenaga kependidikan) di Universitas Bosowa dilakukan di tingkat program studi yang harus berkoordinasi dengan pimpinan Fakultas Ekonomi yakni Wakil Dekan I yang membidangi bidang Akademik, Wakil Dekan II bidang Administrasi, Keuangan dan Pengembangan Sumberdaya manusia, serta Wakil Dekan III bidang kemahasiswaan.

Beberapa ketentuan internal Universitas Bosowa yang terkait dengan pengelolaan sumberdaya manusia, antara lain : prosedur proses pemilihan dan penetapan Rektor, Dekan dan Ketua Prodi; proses dan prosedur serta mekanisme rekrutmen dosen tetap dan tenaga kependidikan. Ketentuan tersebut diatur dalam peraturan Rektor Universitas Bosowa dan Peraturan Yayasan  Aksa Mahmud.

Bidang pengembangan staf (dosen dan tenaga kependidikan) melaksanakan tugas, antara lain :

  1. Dalam penyelengaraan perkuliahan disediakan monitoring kehadiran mahasiswa dan dosen untuk setiap
  2. Pengaturan pokok bahasan disesuaikan dengan jadwal perkuliahan untuk setiap tim dosen matakuliah dan jurnal untuk semua dosen persemester.
  3. Penetapan pengaturan keberhasilan standar pencapaian kegiatan belajar mengajar bagi setiap tim dosen.
  4. Mengarahkan dan mengikutsertakan dosen dalam setiap kegiatan akademik baik di dalam maupun diluar program studi.
  5. Mengevaluasi kinerja dosen pengampuh mata kuliah per triwulan.

4. Pengawasan

Pengawasan dan evaluasi kegiatan Prodi Akuntansi Universitas Bosowa dilakukan secara berkala dan terstruktur. Beberapa pengawasan dan evaluasi kegiatan akademik di program studi, antara lain : evaluasi pelaksanaan RKAT, evaluasi kinerja pengajaran dosen setiap triwulan, evaluasi kinerja tenaga kependidikan setiap semester dan evaluasi pimpinan prodi/dekan/direktur setiap tahun yang dilakukan pimpinan di atasnya dan atau Rektor.

Selanjutnya evaluasi dan pengawasan dalam lingkup program studi dalam bidang akademik, meliputi :

  1. Silabus, SAP dan soal ujian dibuat bersama oleh tim dosen dalam satu kelompok bidang keahlian dan untuk soal ujian sebelum diujikan dilakukan validasi terlebih dahulu oleh tim tersebut.
  2. Setiap akhir kuliah mahasiswa diberi angket untuk menilai dosen dalam melakukan kegiatan proses belajar mengajar (angket terlampir).
  3. Setiap akhir semester dilaksanakan evaluasi indeks prestasi mata kuliah di masing-masing dosen.
  4. Memperketat mahasiswa yang kehadiran kurang dari 80% tidak diperbolehkan mengikuti ujian.
  5. Mahasiswa menyusun skripsi dengan bimbingan dosen yang sesuai dengan bidang keahliannya dan diuji oleh dosen yang sesuai dengan bidang keahliannya baik dari dalam maupun dari luar program studi.
  6. Memperbaharui bahan dan perencanaan pembelajaran (modul dan silabus)
  7. Menyediakan media pembelajaran yang berbasis teknologi.
  8. Peningkatan fasilitas pendukung kegiatan proses belajar mengajar, misalnyaruang kuliah, sistim audio/auditorium, perangkat komputer dan teknologi, multimedia, koleksi perpustakaan dan lain sebagainya.

5. Pengarahan

Ketua Prodi Akuntansi bersama pimpinan Fakultas dan universitas serta yayasan setiap semester dan tahun ajaran melaksanakan pembahasan rencana kerja untuk menjamin terlaksananya kegiatan sesuai yang direncanakan.

Dalam level universitas secara terjadwal dilakukan pengarahan dalam bentuk rapat koordinasi evaluasi program bulanan yang membahas sejauhmana pelaksanaan dan keberlangsungan rencana kerja bidang akademik, penelitian, pengabdian masyarakat yang telah dilaksanakan. Mendahului rapat pimpinan rektorat dan yayasan, di tingkat fakultas juga dilaksanakan rapat untuk mengevaluasi dan pengarahan pelaksanaan program akademik dengan ketentuan, antara lain:

  1. Pelaksanaan kegiatan belajar mengajar untuk setiap matakuliah dalam satu semester dilaksanakan sebanyak 16 kali tatap muka termasuk pelaksanaan evaluasi tengah dan akhir semester
  2. Menganjurkan untuk setiap dosen menggunakan sumber pustaka yang up to – date dan muktahir dalam kegiatan belajar mengajar.
  3. Kegiatan belajar mengajar setiap akhir pekan dilaksanakan evaluasi mingguan tentang relevansi pokok bahasan dan GBPP/SAP dengan materi perkuliahan yang diberikan ke mahasiswa.

Hasil proses perencanaan hingga pengawasan ini terlihat pada proses pelaksanaan pembelajaran yang berlangsung. Masing-masing staf akademik maupun dosen dapat memahami beban tugas dan peran masing-masing. Proses perkuliahan terselenggara dengan baik, yang ditunjukkan dengan rata-rata pertemuan kuliah yang sesuai dengan target. Proses pelayanan kepada dosen dan mahasiswa juga berlangsung dengan baik dan lancar.