Akuntansi

Kontak

Kantor Pusat Prodi Akuntansi Universitas Bosowa.
Lantai VI, Kampus I, Universitas Bosowa.
Jl. Urip Sumoharjo, km.4, Makassar

Sistem tata pamong berjalan secara efektif melalui mekanisme yang disepakati bersama, serta dapat memelihara dan mengakomodasi semua unsur, fungsi, dan peran dalam program studi. Tata pamong didukung dengan budaya organisasi yang dicerminkan dengan ada dan tegaknya aturan, tatacara pemilihan pimpinan, etika dosen, etika mahasiswa, etika tenaga kependidikan, sistem penghargaan dan sanksi serta pedoman dan prosedur pelayanan (administrasi, perpustakaan, laboratorium, dan studio). Sistem tata pamong (input, proses, output dan outcome serta lingkungan eksternal yang menjamin terlaksananya tata pamong yang baik) harus diformulasikan, disosialisasikan, dilaksanakan,  dipantaudandievaluasi dengan peraturan dan prosedur yang jelas.

1. Kredibel

Pengelolaan Prodi Akuntansidilakukan secara kredibel yang berpedoman kepada adanya peraturan-peraturan Fakultas Ekonomi dan Universitas Bosowa serta kesepakatan internal Prodi AkuntansiUniversitas Bosowa terkait bidang sumberdaya dosen, administrasi, perpustakaan dan laboratorium.

Dengan adanya kebijakan, peraturan-peraturan dan kesepakatan tersebut, maka pengelolaan Prodi Akuntansidapat berjalan dengan baik dan adil merata yang didasari oleh kepatuhan mengikuti arahan dan kesepakatan-kesepakatan untuk melaksanakan penjaminan mutu penyelenggaraan pendidikan Prodi Akuntansi.

2. Transparan

Pelaksanaan tugsa-tugas struktural dilakukan secara transparan yang berpedoman pada peraturan-peraturan/statuta universitas, kebijakan dan tugas-tugas (job description) staf administrasi/tenaga kependidikan yang dijalankan sesuai kebijakan dan peraturan di atas yang tidak bertentangan dengan aturan Fakultas Ekonomi, Universitas Bosowa dan Yayasan Aksa Mahmud.

3. Akuntabel

Pemilihan unsur pimpinan struktural yang akuntabel diadakan berdasarkan rapat yang diadakan secara khusus untuk pemilihan tersebut. Hasilnya berupa perolehan suara dan pernyataan kesediaan calon serta daftar pemilih disampaikan dan diusulkan ke Pascasarjana dan selanjutnya diteruskan ke Rektor untuk penetapannya. Untuk melaksanakan pekerjaan di tingkat  Prodi dipimpin oleh Ketua Program Studi (KPS) dan sekertaris Program Studi dibantu oleh Ketua laboratorium, ketua perpustakaan dan staf prodi (bidang akademik, bidang keuangan,bidang kemahasiswaan).

4. Bertanggung Jawab

Pengelolaan  Prodi Akuntansi dilakukan secara bertanggungjawab yang memungkinkan berlangsungnya koordinasi lintas sektoral serta penerapan prinsip berbagi sumberdaya (resources sharing) secara optimal melalui mekanisme manajemen terpusat. Pertanggungjawaban pada masing-masing unit dalam struktur tersebut dalam bentuk laporan evaluasi dan program kerja yang dilakukan setiap tahun dalam bentuk rapat kerja pimpinan dimana laporan tersebut dipaparkan didepan pimpinan dan unit lainnya, sehingga dapat didiskusikan dengan unit/pihak terkait lainnya.

5. Adil

Pengelolaan program studi Akuntansi dilakukan secara adil dengan mengadopsi prinsip manajemen partisipatif, pengambilan keputusan bersama melalui mekanisme rapat kerja, penerapan strutur organisasi lintas sektoral serta sistim penugasan dengan memperhatikan keahlian, sistim reward dan punishment.