Alumni Ilmu Studi Pembangunan IN NUMBER

WAKTU TUNGGU LULUSAN DALAM MENDAPATKAN PEKERJAAN PERTAMA

3 BULAN

PERSENTASE LULUSAN BEKERJA PADA BIDANG KEAHLIAN YANG SESUAI

80%

Himpunan Alumni Ilmu Studi Pembangunan

IKA ILMU STUDI PEMBANGUNAN UNIBOS

Alumni Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan tergabung dalam Ikatan Alumni Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan Universitas Bosowa (IKA Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan Unibos) dan Ikatan Alumni Fakultas Ekonomi” (IKA Fakultas Ekonomi Unibos).

PARTISIPASI ALUMNI DALAM BIDANG AKADEMIK

SUMBANGAN DANA

Partisipasi alumni dalam pendanaan dengan menjadi sponsor pada kegiatan ilmiah prodi Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan secara sukarela dan berupa sumbangan tunai yang diperuntukkan untuk kegiatan kemahasiswaan (Himpunan Mahasiswa Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan).

SUMBANGAN FASILITAS

  1. Partisipasi alumni berupa sumbangan dalam bentuk fasilitas pembelajaran dan perangkatnya, berupa infocus, laptop, dan PC.
  2. Memberikan sumbangan buku perpustakaan
  3. Memberikansumbangankegiatankewirausahaan

KETERLIBATAN KEGIATAN AKADEMIK

  1. Menjadi sponsor kegiatan ilmiah mahasiswa/study lapang
  2. Memberikan masukan mengenai kebutuhan pasar kerja
  3. Penyempurnaan proses pembelajaran juga dilakukan oleh alumni sebagai pembicara tamu dan sebagai pemateri dalam kegiatan ilmiah.

PENGEMBANGAN JEJARING

Ikut serta memberikan masukan dalam merumuskan visi, misi dan penyempurnaan kurikulum PS Manajemen Keberadaan alumni juga sangat membantu dalam pengembangan kerjasama dengan instansi mitra baik instansi pemerintah maupun swasta. Berkat jejaring yang luas antara prodi dan alumni yang sedang mengembangkan usahanya dan sedang mencari lulusan sarjana Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan serta informasi kesempatan kerja bagi alumni yang belum bekerja.

PARTISIPASI ALUMNI DALAM BIDANG NON-AKADEMIK

SUMBANGAN DANA

Partisipasi alumni dalam sumbangan dana dalam kegiatan perayaan dies natalis atau acara khusus prodi yang sifatnya tidak mengikat dan sukarela. Besaran sumbangan bervariasi sesuai kemampuan para alumni dan bentuknya dapat berupa pembelian cendramata/hadiah atau piala perlombaan.

SUMBANGAN FASILITAS

  1. Partisipasi alumni dalam memberikan sumbangan transportasi pada kegiatan studi lapang
  2. Memberikan sumbangan sarana pada sekretariat Himaksi.
  3. Memberikan sumbangan fasilitas olahraga disetiap pertandingan olahraga yang melibatkan mahasiswa prodi Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan

KETERLIBATAN ALUMNI DALAM BIDANG NON-AKADEMIK

  1. Memberikan informasi mengenai keberadaan alumni pada pasar kerja
  2. Mengembangkan jejaring tentang informasi kesempatan kerja
  3. Memediasi kegiatan penelitian dosen dan mahasiswa
  4. Mengadakan pertemuan dengan civitas akademika secara berkala dan melaksanakan seminar, workshop dan simposium.
  5. Secara berkala himpunan alumni menyelenggarakan pertemuan yang dihadiri oleh alumni dari berbagai angkatan serta pengurus, dosen dan mahasiswa Prodi Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan.

PENGEMBANGAN JEJARING

Partisipasi alumni dalam pengembangan jejaring pada prodi Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan berupa memfasilitasi kegiatan magang dan kegiatan kuliah kerja nyata mahasiswa serta memberikan informasi mengenai lowongan pekerjaan dan mengikutsertakan mahasiswa dalam kegiatan-kegiatan yang bersifat individu.