Standar Mutu

Sistim penjaminan mutu yang dilaksanakan oleh Prodi Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan dibawah koordinasi bagian penjaminan mutu tingkat Fakultas dan tingkat Universitas. Sistim ini dimaksudkan untukmeningkatkan kualitas proses pengajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat. Proses pengajaran ditekankan pada kualitas materi yang terbaru,metodepembelajaran terbaru serta spesifikasi dosen pengajar sesuai bidang keahlian. Pada bidang penelitian ditekankan pada peningkatan kualitas penelitian yang meliputi keahlian peneliti, judul, masalah serta solusinya yang berdampak positif terhadappengguna alumni. Pada bidang pengabdian pada masyarakat ditekankan pada hasil penelitian yang bermanfaat bagi masyarakat.

KEBIJAKAN PENJAMINAN MUTU

Dalam upaya peningkatan mutu pendidikan, Prodi Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan dipandang sebagai lembaga yang menghasilkan lulusan Sarjana yang dibutuhkan oleh pengguna lulusan. Mutu atau luaran Sarjana yang dihasilkan ditentukan oleh kesesuaian dengan kebutuhan pengguna lulusan tersebut. Oleh karena itu, Prodi Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan senantiasa melakukan evaluasi pelaksanaan sistim penjaminan mutu sebagai upaya umpan balik dari berbagai masukan yang berkepentingan sebagai dasar dalam menentukan derajat mutu atau luaran yang ingin dicapai nantinya.

SISTEM DOKUMEN PENJAMINAN MUTU

Dalam menghasilkan mutu luaran yang sesuai dengan keinginan pengguna lulusan pada Prodi Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan, maka program studi membentuk tim penjaminan mutu yang diketuai oleh KPS dan beberapa anggota dosen tetap. Tugas utama tim penjaminan mutu tingkat prodi ini adalah melakukan penilaian mutu kegiatan akademik yang dilakukan secara berkesinambungan, kualitas atmosfir akademik yang kondusif dalam peningkatan kualitas proses belajar mengajar.

Sistem dan mekanisme kerja organisasi penjaminan mutu Prodi Manajemen mengikuti sistim hirarki dan keterkaitan yang sudah baku dan ditetapkan pada sistim penjaminan Fakultas Ekonomi dan penjaminan mutu Universitas Bosowa.

Pengorganisasian penjaminan mutu pendidikan tinggi di tingkat universitas dikendalikan oleh Ketua Badan Penjaminan Mutu (BPM) yang bertugas :

  1. Mengkoordinasi kegiatan penjaminan mutu dan pengawasan internal untuk Universitas Bosowa maupun unit kerja, dalam bidang akademik maupun non akademik.
  2. Membuat perencanaan, melaksanakan, mengevaluasi, mengendalikan dan mengembangkan kegiatan SPMI di Universitas Bosowa.
  3. Melaksanakan kegiatan audit internal akademik maupun non akademik secara periodik untuk seluruh lingkup Universitas Bosowa.
  4. Mempersiapkan dan memfasilitasi pelaksanaan SPME atau Audit Eksternal yang dilakukan oleh institusi dari luar Universitas Bosowa (BAN-PT/LAM, Badan Sertifikasi, Auditor independen,dsb).

Untuk melaksanakan tugasnya, BPM dipimpin oleh seorang Ketua, dibantu 1 orang Sekretaris, 1 orang koordinator bidang penjaminan mutu, 1 orang koordinator bidang pengawasan internal, dan 1 Orang staf administrasi. Untuk pelaksanaan unit kerja, penjaminan mutu dikendalikan oleh Sekretaris Program Studi pada Program Studi, dan masing-masing kepala unit kerja pendukung, sebagai gugus mutu.

PELAKSANAAN PENJAMINAN MUTU

Mekanisme yang terkait dengan penjaminan mutu di tingkat Prodi Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan adalahbahwa program studi telah memiliki rumusan kompetensi lulusan dan konsentrasi program studi.Borang untuk aktivitas akademik juga tersedia, berupa formulir-formulir dan instruksi kerja aktivitas akademik.Prodi Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan juga menganggarkan dana untuk pelaksanaan penjaminan mutunya.Di dalam pelaksanaan penjaminan mutu Prodi Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan senantiasa berkoordinasi dengan penjaminan mutu tingkat fakultas dan tingkat universitas.

Mekanisme monitoring dan penjaminan mutu dilakukan melalui :

  1. Melakukan audit dan pengendalian yang bertujuan untuk mengetahui proses penetapan dan pemenuhan standar mutu pengelolaan secara konsisten dan berkelanjutan sehingga stakeholders memperoleh yang terbaik diinginkan.
  2. Dengan penjaminan mutu (quality assurance) bermaksud untuk mengetahui suatu sistem manajemen yang telah mengarah sesuai kebijakan, saran, standar operasi prosedur, dan keberlanjutan penjaminan mutu (continous improvement)
  3. Memperbaiki dan meningkatkan dokumen-dokumen seperti kebijakan akademik, standar akademik, peraturan akademik, kompetisi lulusan dan spesifikasi program studi.
  4. Memperkuat leadhership (kepemimpinan) dengan menetapkan arah dan tujuan program studi, menciptakan dan memelihara lingkungan yangkondusif agar setiap anggota dapat terlibat dalam pencapaian program program studi.
  5. Monitoring kehadiran dosen yang didokumentasi di bagian perkuliahan.
  6. Monitoring tingkat kehadiran mahasiswa dalam proses belajar mengajar di kelas.
  7. Mahasiswa sebagai peserta perkuliahan dengan tingkat kehadirannya kurang dari 80% tidak diperkenankan mengikuti Ujian Akhir Semester (UAS).
  8. Input atas kurikulum, juga diterima dari mahasiswa yang disampaikan melalui kuesioner, pembimbing akademik, dan bagian pengajaran.
  9. Input atas kurikulum dan GBPP diperoleh dari dosen pengasuh mata kuliah, para stakeholder melalui diskusi dengan Ketua Program S
  10. Evaluasi yang diperoleh melalui rapat koordinasi, rapat dosen, rapat pembimbing akademik, rapat setingkat pimpinan program Pascasarjana.
  11. Monitoring kualitas program studi dilakukan rnelalui pemanfaatan umpan balik dari alumni dan pengguna lulusan.

Keberlanjutan Prodi PGSD

  • Melakukan kegiatan sosialisasi dengan memasang spanduk, banner dan pamplet mengenai keberadaan Prodi Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan.
  • Aktif memperkenalkan Prodi Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan Universitas Bosowa melalui sosial media (facebook, BBM,Line, dll).
  • Melakukan kegiatan promosi dengan sasaran pelajar SMA/SMK sederajat melalui kegiatan-kegiatan kemahasiswaan yang dilaksanakan disekolah-sekolah maupun di kampus dengan melibatkan pelajar SMA/SMK
  • Menyelenggarakan seminar yang berkaitan dengan ilmu Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan dengan tujuan memberikan pemahaman akan pentingnya ilmu Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan dan manfaat lebih yang bisa didapatkan bila kuliah di prodi Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan Universitas Bosowa.
  • Melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang berorientasi ilmu Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan.
  • Melakukan kerja sama dengan instansi pemerintah maupun instansi swasta yang yang bertujuan untuk memperluas jaringan.
  • Melakukan kegiatan pemagangan mahasiswa pada instasi pemerintah dan swasta.
  • Menempatkan mahasiswa dalam program KKN ke daerah-daerah potensial.
  • Mengirim staf adminsitasi atau staf akademik untuk mengikuiti pendidikan atau pelatihan yang berhubungan dengan manajemen universitas
  • Melalukan pendidikan/pelatihan secara internal yang bekerja sama dengan universitas secara berkala
  • Mengikutsertakan dosen Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan dalam pendidikan dan pelatihan yang dilakukan oleh KOPERTIS maupun DIKTI
  • Mendorong dosen program studi Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan untuk selalui mengupdate metode-metode yang terkait dengan peningkatan mutu manajemen program studi melalui akses internet.
  • Memperbaharui SAP dan GBPP secara berkala sesuai dengan kebutuhan pasar.
  • Peningkatan kualitas pengajaran dosen program studi.
  • Penerapan ilmu Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan dalam tehnologi.
  • Mengarahkan tugas akhir mahasiswa pada masalah-masalah yang berkembang saat ini.
  • Pelaksaan program KKN yang berhubungan langsung dengan bidang ilmu Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan.
  • Mengikutsertakan mahasiswa dalam penelitian.
  • Mengikutkan mahasiswa dalam kegiatan akademik baik di dalam maupun di luar program studi.
  • Menempatkan mahasiswa magang di instansi terkait.
  • Melibatkan mahasiswa dalam program kerja sama dengan PEMPROV dan PEMKOT.
  • Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan ilmu Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan pada instansi tempat magang.
  • Mahasiswa memperoleh bantuan beasiswa pendidikan dari instansi negeri maupun swasta.
  • Pelaksanaan kegiatan kemahasiswaan yang disponsori oleh instansi kemitraan.
  • Aktif mencari informasi mengenai hibah kompetitif
  • Mengakses website program-program hibah dan bantuan biaya penelitian
  • Membuat proposal untuk mendapatkan hibah kompetitif
  • Memberdayakan dosen program studi dalam kegiatan penelitian.