Struktur Kurikulum

Jenis Mata KuliahSKSKeterangan
Total147
Mata Kuliah Wajib138Mata kuliah pengembangan kepribadian (MPK) 11 SKS
Mata kuliah keilmuan dan keterampilan (MKK) 52 SKS
Mata kuliah keahlian berkarya (MKB) 53 SKS
Mata kuliah perilaku berkarya (MPB) 21 SKS
Mata Kuliah Pilihan9Mata kuliah perilaku berkarya (MPB) 9 SKS dari 21 SKS yang ditawarkan

Kompetensi yang Diharapkan pada Lulusan

KOMPETENSI UTAMA

  1. Terampil dan mampu menguasai ilmu Manajemen dan teknologi khususnya bidang perpajakan dan pengauditan
  2. Menguasai dan memahami pendekatan, metode, kaidah ilmiah, disertai keterampilan penerapan ilmu Manajemen.
  3. Mempunyai kemampuan menerapkan, mengembangkan dan memuktahirkan ilmu Manajemen dalam bidang kewirausahaan.
  4. Mempunyai kemampuan memecahkan permasalahan di bidang keahliannya dalam ilmu Manajemen melalui kegiatan penelitian dan pengembangan berdasarkan kaidah ilmiah.

KOMPETENSI PENDUKUNG

  1. Menjunjung tinggi norma, tata nilai, moral, agama, etika dan tanggung jawab professional
  2. Menguasai secara aktif penggunaan teknologi informasi (internet) dan kemampuan dalam bahasa Inggris baik dalam bercakap ataupun menulis.
  3. Mempunyai kemampuan mengembangkan kinerja profesionalnya yang diwujudkan dengan ketajaman analisis permasalahan, keserbacakupan tinjauan, kepanduan pemecahan masalah atau profesi akuntan
  4. Mampu melaksanakan psikotes baik secara individual maupun klasikal.
  5. Mampu merancang program training pengembangan SDM dalam bidang industri dan organisasi serta menguasai teknik-teknik konseling dalam dunia kerja.
  6. Mampu menerapkan teori-teori pengambangan organisasi dalam perubahan dan pengembangan organisasi.
  7. Menguasai konsep-konsep dasar psikologi konservasi dan lingkungan.
  8. Mempunyai kemampuan untuk membangun bangsa dan menjaga keutuhan dengan menggali berbagai potensi dan kearifan lokal menuju ketataran internasional.

KOMPETENSI LAIN/PILIHAN

  1. Mengetahui dan memahami hak dan kewajibannya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
  2. Memiliki kemampuan dalam social enterprenurship
  3. Memiliki keterampilan dalam berwirausaha (enterprenurship)
  4. Memiliki kemampuan memanfaatkan setiap peluang usaha dalam menyikapi trend globalisasi.

Pengembangan Kurikulum

PELAKSANAAN PENINJAUAN KURIKULUM

MEKANISME PENINJAUAN KURIKULUM

Peninjauan kurikulum dilakukan setiap 4 tahun sekali, namun demikian memungkinkan peninjauan atau evaluasi kurikulum Prodi Manajemen setiap waktu dan disesuaikan kebutuhan pasar (pengguna lulusan), kondisi dunia kerja dan perkembangan keilmuan manajemen, serta kebijakan pemerintah bidang pendidikan.

Peninjauan tersebut dilakukan melalui lokakarya dan workshop kurikulum. Dan hasil evaluasi teridentifikasi adanya satu atau beberapa materi mata kuliah yang tidak relevan maka selanjutnya diadakan perubahan-perubahan yang disesuaikan dengan perkembangan IPTEK dan kebutuhan pasar.

Proses penyelenggaraan matakuliah juga dilakukan penyesuaian berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi yang secara rutin (setiap semester) diselenggarakan antara Ketua Prodi Manajemen, dosen pengampuh serta penjamin mutu. Berdasarkan hasil evaluasi tersebut beberapa perbaikan dan penyesuaian dilakukan.

PIHAK-PIHAK YANG DILIBATKAN DALAM PENINJAUAN KURIKULUM

Dengan memperhatikan visi, misi, dan tujuan Prodi Manajemen, maka kegiatan peninjauan kurikulum melibatkan pakar/akademisi, praktisi dan stakeholder (mahasiswa, dosen, alumni dan pengguna) yang bertujuan untuk mendapatkan masukan mengenai kebutuhan kurikulum yang diharapkan dapat meningkatkan kualitas kurikulum tersebut.

KESESUAIAN KURIKULUM DENGAN IPTEKS

Prodi Manajemen secara berkala setiap semester melakukan peninjauan kurikulum untuk menjamin kesesuaian kurikulum Prodi Manajemen dengan IPTEKS. Peninjauan ini dilakukan melalui pertemuan rutin dosen dan tenaga kependidikan Prodi Manajemen yang membahas kesesuaian kurikulum dengan IPTEKS serta kebutuhan pasar. Pertemuan ini digunakan untuk merevisi kurikulum baik konten maupun konteks pada semester yang akan datang.