Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Aenean at elementum nunc. Suspendisse potenti. Vestibulum consectetur lectus elementum ultrices consectetur. Ut iaculis ex urna, vitae gravida ipsum condimentum et. Nulla quis elementum lacus, ac interdum odio. Vivamus non purus consectetur turpis ultrices euismod. Orci varius natoque penatibus et magnis dis parturient montes, nascetur ridiculus mus. Sed in posuere ante. Pellentesque accumsan sapien eget sapien gravida, id sagittis diam consequat. Praesent lorem dui, pulvinar eget molestie pellentesque, euismod vel mi. Mauris et nisl dignissim, rutrum dui ut, porttitor orci. Nulla aliquet, est vitae pharetra molestie, magna lacus elementum dolor, sed scelerisque leo risus sed quam. Sed odio mi, pretium et suscipit nec, iaculis ac lacus.

QUICKLINKS

Peranan Fakultas

1. Peran Fakultas dalam penyusunan kurikulum

Fakultas Ekonomi berperan dalam memotivasi, mengarahkan, mengontrol, dan mendukung penyusunan dan pengembangan kurikulum, mulai perencanaan kegiatan penyusunan, lokakarya, sampai memfasilitasi implementasi kurikulum agar tetap mengacu pada sinergitas visi dan misi Fakultas Ekonomi.

Evaluasi kurikulum senantiasa dilakukan evaluasi dan monitoring secara berkala untuk mengetahui sejauh mana efektifitas bentuk implementasi kurikulum, apakah sudah berjalan sesuai standar normatif acuan penjaminan mutu internal atau belum. Evaluasi ini juga dilakukan untuk mengetahui apakah kurikulum tersebut sudah memuat perkembangan dan dinamika tuntutan perkembangan keilmuan program studi bersangkutan dan kehidupan pembelajaran di masyarakat luas.

2. Peran Fakultas Ekonomi dalam Pengembangan Kurikulum

Perubahan kurikulum dilakukan secara berkala dengan melibatkan seluruh civitas akademika, stakeholder dan pakar/akademisi yang bertujuan untuk mendapatkan masukan mengenai kebutuhan kurikulum yang diharapkan dapat meningkatkan kualitas kurikulum tersebut.

Evaluasi implementasi kurikulum terus dilakukan oleh tim Universitas dengan menyiapkan beberapa perangkat regulasi yang mampu menjamin kelangsungan kurikulum berbasis penelitian, seperti penyiapan SOP Karya Ilmiah, SOP Penulisan Karya Ilmiah, SOP Akademik, SOP Pengajaran, SOP Penelitian dan SOP Pengmas.

3. Peran Fakultas Ekonomi dalam Peningkatan Mutu Kurikulum

Pengembangan kurikulum menjadi wewenang dan tanggungjawab setiap program studi. Meskipun demikian pada Fakultas Ekonomi dilaksanakan koordinasi antar Program Studi berlandaskan kesamaan Visi, Misi, Tujuan, dan Sasaran Institusi. Fakultas Ekonomi membentuk Tim Kurikulum sebagai salah satu satuan tugas dengan tugas utama melaksanakan koordinasi terhadap review, revisi, dan pengembangan kurikulum pogram studi dalam lingkungan Fakultas. Penyusunan dan pengembangan kurikulum program studi di lingkungan Fakultas Ekonomi mendapat dukungan dana bersumber dari daba operasional Universitas.

Peninjauan dan perbaikan kembali kurikulum pada Fakultas Ekonomi Universitas Bosowa dilaksanakan pada tahun 2014-2015, sejalan dengan amanah Permendikbud No. 49 tahun 2014. Peran Fakultas Ekonomi dilakukan dengan program pembentukan penguatan kurikulum berbasis riset dan penyusunan roadmap penelitian berbasis kebutuhan masyarakat luas dan pasar kerja.