Fakultas Ekonomi secara berkala mengadakan dialog akademik yang bertujuan untuk memonitor dan mengevaluasi proses pembelajaran/belajar mengajar pada setiap Program Studi dengan melibatkan semua civitas akademika.

1.  MONITORING PEMBELAJARAN

Penyelenggaraan pembelajaran di Fakultas Ekonomi dilaksanakan secara rutin, bersistem dan berkelanjutan. Secara umum proses monitoring dan evaluasi pembelajaran dilaksanakan oleh melalui program yang terintegrasi secara online yaitu SIAKA (sistem informasi akademik) dengan universitas.

Dalam proses tersebut, semua rekam jejak mahasiswa mulai dari mahasiswa memprogramkan mata kuliah pada awal semester hingga pengumuman hasil pembelajaran pada akhir semester dapat diakses melalui web Universitas. Sistem monitoring tersebut secara teknis setiap program studi memberdayakan 1-2 tenaga administrasi akademik prodi yang diserahi tanggung jawab untuk melaksanakan monev proses pembelajaran secara harian dan berkelanjutan.

Pengunggahan data atau upload/input ke dalam jaringan SIAKA dilaksanakan pada setiap hari secara bersistem melalui komputer desktop yang khusus diperuntukkan bagi keperluan SIAKA yang disediakan pada bagian Tata Usaha Fakultas Ekonomi.

Monitoring harian diarsipkan secara bersistem menggunakan format monitoring, berupa:

  1. Lembar kehadiran mahasiswa,
  2. Lembar frekuensi perkuliahan yang memuat tingkat kehadiran dosen,
  3. Materi perkuliahan yang disajikan dosen dalam kelas
  4. Jadwal perkuliahan yang memuat pemanfaatan sarana-prasarana ruang kelas, laboratorium, lembar penggunaan media dan peralatan pembelajaran seperti LCD proyektor dan layar proyektor.

Selain itu, monev juga dilaksanakan melalui penjaringan umpan balik dari mahasiswa, alumni, maupun stakeholders external sebagai pengguna lulusan. Pada setiap awal dan akhir tahun ajaran dilaksanakan dialog akademik dengan mahasiswa yang antara lain mengangkat permasalahan proses pembelajaran.

2. Manfaat Hasil Monev bagi Perbaikan Proses Pembelajaran

Hasil monev bermanfaat bagi perbaikan proses pembelajaran maupun administrasi akademik dalam beberapa hal:

  1. Bagi Fakultas Ekonomi: menjadi dasar untuk melakukan kendali mutu akademik secara komprehensif, bersistem, dan berkesinambungan. Sebagai contoh, beberapa program studi memanfaatkan hasil monev untuk upaya perbaikan metode dan proses pembelajaran, serta revisi kurikulum dan silabus. Secara rutin setiap akhir semester program studi melaksanakan tinjauan terhadap hasil monev dalam forum rapat program studi yang dimaksudkan untuk dua tujuan: menanggapi hasil monev semester berjalan yang akan segera berakhir sekaligus menetapkan perbaikan untuk semester depan.
  2. Bagi Dosen: menjadi bahan evaluasi diri bagi dosen secara individu maupun secara tim pengampu matakuliah/tim fasilitator untuk melakukan berbagai perbaikan, seperti: menaikkan tingkat kehadiran, memperbaiki kualitas materi pembelajaran, memperbaiki kualitas metode pembelajaran, meningkatkan kemutakhiran rujukan sumber pembelajaran yang digunakan, meningkatkan relevansi dengan dunia kerja. Sebagai contoh, hasil monev seperti frekuensi perkuliahan bermanfaat menjadi bahan rujukan bagi dosen dalam menyusun Eqivalensi Waktu Mengajar Penuh/EWMP dan Laporan Kinerja Dosen/ LKD yang diwajibkan penyusunannya setiap semester.
  3. Bagi Mahasiswa: menjadi dasar/acuan untuk senantiasa memperbaiki cara belajar dan mengantisipasi masalah, sehingga dapat meningkatkan IPK dan menyelesaikan studi dengan tepat waktu. Dengan mengakses informasi hasil monev, misalnya tentang tingkat kehadiran perkuliahan, mahasiswa baik secara mandiri maupun dengan bimbingan Ketua Program Studi dapat memanfaatkannya untuk memperbaiki dengan meningkatkan frekuensi kehadiran agar proses studi lebih produktif dan efektif sebagaimana ditunjukkan oleh peningkatan IPK dan kecepatan kelulusan. Hal ini dapat memperbaiki mutu dan meningkatkan daya saing, yang pada akhirnya berimplikasi memperpendek masa tunggu mendapatkan pekerjaan.
  4. Bagi Tenaga Administrasi Kependidikan: menjadi landasan untuk memperbaiki kualitas pelayanan akademik (cepat, akurat, ramah), serta senantiasa meningkatkan kinerja administrasi akademik. Dengan memanfaatkan informasi hasil monev tenaga administrasi dapat lebih mudah dan lebih cepat menyusun, meng-upload maupun meng-update data dan informasi dalam jaringan SIAKA, SIMPEG, dan EPSBED, sehingga lebih cepat pula menyajikan pelayanan administrasi kepada civitas akademika yang membutuhkan.