Sarana

Sarana yang digunakan Fakultas Ekonomi Universitas Bosowa dalam rangka penyelenggaraan program tridarma PT yang bermutu tinggi relatif mencukupi baik dari segi kualitas maupun kuantitasnya. Kerjasama yang baik antara Fakultas Ekonomi dengan Yayasan H. Aksa Mahmud sangat penting untuk terus ditingkatkan dalam rangka penyediaan sarana dan prasarana untuk penyelenggaraan tridarma perguruan tinggi.

Untuk membangun sarana pendidikan berkualitas membutuhkan kesiapan program yang tepat dan sumberdaya yang cukup dan dilakukan secara bertahap sesuai rencana strategis Fakultas Ekonomi yang telah ada. Dalam tabel rencana pengembangan kedepan telah diuraikan dengan jelas daftar kebutuhan minimal sarana bagi penyelenggaraan pendidikan yang optimal dan bermutu tinggi.

Untuk mewujudkan sarana yang berkualitas sesuai dengan renstra Fakultas Ekonomi masih membutuhkan sarana yang modern yang dapat menunjang proses perkuliahan utamanya yang berhubungan dengan tehnologi informasi sehingga progress dalam renstra tersebut dilaksanakan secara berkelanjutan.

Upaya lain yang ditempuh unit pengelola program Universitas selain yang disebutkan diatas adalah dengan melibatkan secara aktif mahasiswa, alumni dan donatur, termasuk lembaga-lembaga pemerhati pendidikan dalam dan luar negeri.

Prasarana

Saat ini keberadaan prasarana dalam mendukung penyelenggaraan tridarma Perguruan Tinggi Fakultas Ekonomi Universitas Bosowa dirasakan relatif mencukupi untuk menampung sebanyak 951 mahasiswa yang terbagi dalam 3 program studi, 10 orang pejabat dan 5 pegawai ketatausahaan. Prasarana yang dimiliki Fakultas Ekonomi berupa : Gedung seluas 124 m2, ruang kuliah sebanyak ruang kelas 12 unit, ruang perpustakaan 1 unit, ruang rapat 1 unit, Ruang seminar 2 unit, ruang IT 1 unit, ruang dosen 10 unit. Untuk pejabat struktural tersedia sebanyak 10 ruang kerja dan 1 ruang tata usaha.

Untuk mewujudkan proses belajar mengajar yang berkualitas pada masa mendatang dibutuhkan prasarana yang semakin banyak dan modern. Keberadaan prasarana pada Fakultas Ekonomi masih perlu dilengkapi lagi dengan mempertimbangkan jumlah dan kebutuhan mahasiswa semakin bertambah. Untuk mewujudkan iklim pendidikan yang kondusif dibutuhkan prasarana yang lebih memadai yang dapat mendukung peningkatan kualitas lulusan.

Upaya Fakultas Ekonomi dalam merealisasikan perwujudan pengembangan dan peningkatan prasarana adalah melalui bantuan Yayasan H. Aksa Mahmud serta melakukan kerjasama (MOU) dengan lembaga bantuan dalam negeri dan luar negeri, kerjasama dengan pemerintah daerah, instansi swasta dan peran alumni, promosi-promosi pendidikan dan meningkatkan penerimaan mahasiswa baru dengan tetap memperhatikan kualitas mutu pendidikan, sarana pengajaran dan kualitas dan integritas dosen pengajar.

Sistem Informasi

Upaya yang telah dilakukan dan kemajuan yang telah dicapai dalam pelaksanaan tanggungjawab di bidang pendidikan perlu didukung oleh tersedianya sistem administrasi akademik yang efektif dan komunikatif, maka Fakultas Ekonomi dan Universitas Bosowa meluncurkan Sistem Informasi Akademik (SIAKA) yang memberi kemudahan tidak hanya kepada pimpinan dan tenaga adminstrasi Fakultas Ekonomi dalam mengelola data dan informasi akademik namun terutama kepada mahasiswa dalam mengakses informasi akademik yang dibutuhkan, diantaranya: (i) transkrip nilai; (ii) jadwal matakuliah berikut dosen pengampu dan ruang kuliah; (iii)berita lain berhubungan dengan informasi akademik.

SIAKA memuat jaringan database melalui Internet ke 3 program studi pada Fakultas Ekonomi, sehingga seluruh administrasi yang menunjang kegiatan akademik dapat dipantau secara online. Sistem ini dapat diakses online baik secara internet melalui situs www.universitasbosowa.ac.id atau diakses langsung melalui intranet  dalam lingkungan Universitas Bosowa.

SIAKA online dikembangkan mulai dari semester awal tahun ajaran 2013/2014 dengan memberlakukan KRS online dan SPP online, melaluikerjasama dengan Bank BRI dan Bank Bukopin (2015). Mahasiswa dapat mengakses sendiri KRS menggunakan pasword/PIN yang telah disediakan, kemudian mengisi dan mencetak KRS untuk konsultasi dengan penasehat akademik. Dosen juga dapat mengakses informasi mengenai keuangan/dana secara on-line menggunakan pasword/PIN.

Diharapkan pada tahun 2015/2016 seluruh sistem pengelolaan Fakultas Ekonomi telah dapat terintegrasi secara IT dengan seluruh sistem pengelolaan data akademik, data administrasi,  data keuangan, serta data kemahasiswaan dalam lingkungan Universitas Bosowa. Untuk mendukung terselenggaranya sistem pengelolaan dilakukan pelatihan-pelatihan untuk tenaga akademik, utamanya dalam dua hal : (i) olah data akademik berbasis IT; dan (ii) olah data administrasi dan keuangan berbasis IT.

Pemanfaatannya ICT dalam proses pengambilan keputusan dan pengembangan

Dengan menggunakan SIAKA maka penyusunan Evaluasi Program Studi Berdasarkan Evaluasi Diri (EPSBED) dapat dilakukan online dan on-time. Prestasi akademik pun secara cepat dan setiap saat dapat diketahui oleh mahasiswa sendiri maupun para orang tuanya.

SIAKA online membuat pengelolaan data menjadi terkoordinasikan dan tersinkronisasikan dengan baik karena memudahkan pemeriksaan silang (crosscheck) antar data dan informasi. Selain lebih cepat proses akses untuk mengunduh maupun mengunggah serta memutakhirkan juga bisa lebih akurat. Dengan demikian mendukung proses pengambilan keputusan lebih cepat dan lebih tepat. Kemungkinan timbul persoalan di belakang hari pun dapat senantiasa diantisipasi dengan lebih cepat sehingga mendukung pengambilan keputusan yang lebih kena sasaran sekaligus lebih efisien.

Sistim informasi akademik Prodi Akuntansi sudah berjalan dengan baik melalui sistem yang terintegrasi untuk seluruh universitas. Mahasiswa melalui portal mahasiswa dapat melakukan pendaftaran ulang (pengisian Rencana Studi) secara online maupun manual, memantau perkembangan studinya dengan mengakses nilai, melihat jadwal kuliah maupun mengunduh transkrip nilai sementara melalui sistim informasi akademik ini (on progress) dan pembayaran SPP dan BPP secara online. Pada ruang kuliah dilengkapi dengan multimedia projector. Fasilitas ini memungkinkan pengajaran terselenggara secara efektif dalam berbagai bentuk seperti presentasi, multi-media maupun demonstrasi sofware/aplikasi pengajaran lainnya. Ketersediaan hardware lainnya seperti printer, scanner, TV, LCD untuk mendukung proses pengajaran dan penelitian.

Software

Sistim informasi yang digunakan Program Studi Akuntansi dalam proses pembelajaran dan administrasi:Sistim Informasi Akademik dan Administrasi (SIAKA,  SISMIK& SIMPADU); Telecomperence; Internet Akses; SISTA (Sistem Informasi Perpustakaan).

e-Learning

Penyampaian informasi berbasis IT telah dilakukan dibanyak hal, seperti : Kartu Rencana Studi (KRS) online, Pembayaran SPP dan BPP mahasiswa, elibrary, ejournal dan informasi akademik melalui website. Penyampaian informasi berbasis IT telah dilakukan dibanyak hal, seperti :elibrary, ejournal dan informasi akademik melalui website.

Keuangan

Sistim informasi yang digunakan Program Studi Akuntansi dalam proses keuangan dan administrasi:Sistim Informasi keuangan dan Administrasi (SISKEU & SIMPADU). Yang terintegrasi dengan sistem keuangan pada yayasan Aksa Mahmud.

Personil

Penyampaian informasi berbasis IT telah dilakukan dibanyak hal, seperti : Kartu Rencana Studi (KRS) online, Pembayaran SPP dan BPP mahasiswa, elibrary, ejournal dan informasi akademik melalui website. Penyampaian informasi berbasis IT telah dilakukan dibanyak hal, seperti :elibrary, ejournal dan informasi akademik melalui website.

QUICKLINKS