Ekonomi PembangunanManajemenAkuntansiTotal Mahasiswa
Mahasiswa Baru Bukan Transfer
1235885501.261
Mahasiswa Baru Transfer
Total mahasiswa reguler
1235885501.261

Statistik Lulusan

RATA-RATA WAKTU STUDI

4,25 Tahun

RATA-RATA IPK LULUSAN

3,65

Pandangan Fakultas

Rata-rata lama studi mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Bosowa adalah 7 sampai 8 semester, dengan indeks prestasi rata-rata 3,65.

Aspek Kewajaran

Rata-rata masa studi 7-8 semester dan rata-rata IPK lulusan 3,65 bagi Fakultas Ekonomi merupakan hal yang wajar mengingat standar umum waktu penyelesaian kuliah bagi mahasiswa ilmu sosial, meski ada juga beberapa mahasiswa yang harus menyelesaikan waktu studinya lebih dari 8 semester.

Upaya Pengembangan

Terkait masa studi di atas pihak fakultas melakukan upaya dengan memberikan motivasi mahasiswa agar menyelesaikan masa studi dengan tepat waktu, antara lain melalui mekanisme pengefektifan fungsi dan peran penasehat akademik (PA) dalam pembimbingan akademik mahasiswa agar target yang direncanakan mahasiswa tercapai.

Upaya Peningkatan Mutu

Upaya peningkatan mutu senantiasa dilakukan oleh Fakultas Ekonomi dengan mengupdate kurikulun sesuai dengan kepentingan pasar kerja, meningkatkan kualitas proses evaluasi dan monitoring baik untuk mahasiswa maupun dosen, memaksimalkan implementasi kurikulum berbasis kompetensi, peningkatan sarana dan prasarana dan memaksimalkan penggunaannya, khususnya sarana sistem informasi. Guna mendukung peningkatan mutu  mahasiswa maka dilakukan pembimbingan karir bagi mahasiswa yang telah memenuhi syarat sks atau yang sedang telah melakukan penelitian, hal ini bertujuan untuk mematangkan para calon lulusan untuk dapat mengenali lapangan kerja sesuai dengan bidang ilmu yang mereka peroleh. Selain itu,  mahasiswa dimagangkan di beberapa instansi pemerintah, BUMN dan perusahaan swasta perusahaan.

Kendala yang Dihadapi

  1. Kurangnya partisipasi instansi pemerintah dan swasta dalam menampung mahasiswa untuk magang
  2. Beratnya beban SKS yang ditanggung mahasiswa
  3. Sistem/peraturan drop out (DO) belum diterapkan secara maksimal.