KREDIBEL

Pengelolaan Fakultas Ekonomi Universitas Bosowa dilakukan secara kredibel yang berpedoman kepada adanya peraturan-peraturan Universitas Bosowa serta kesepakatan internal Fakultas Ekonomi dan Program Studi yang terkait bidang sumberdaya dosen, administrasi, perpustakaan dan laboratorium.

Dengan adanya kebijakan, peraturan-peraturan dan kesepakatan tersebut, maka pengelolaan Fakultas Ekonomi dapat berjalan dengan baik dan adil merata yang didasari oleh kepatuhan mengikuti arahan dan kesepakatan-kesepakatan untuk melaksanakan penjaminan mutu penyelenggaraan pendidikan.

TRANSPARAN

Dalam mewujudkan sistem transparan, rencana kegiatan dan kebijakan lebih dahulu diagendakan rapat pada Fakultas Ekonomi dengan mempertimbangkan masukan dari sivitas akademika untuk diputuskan secara bersama. Selanjutnya, apa yang menjadi kebijakan Fakultas senantiasa disosialisasikan ke sivitas akademika lainnya termasuk kepada mahasiswa. Pelaksanaan tugsa-tugas struktural dilakukan secara transparan yang berpedoman pada peraturan-peraturan/statuta universitas, kebijakan dan tugas-tugas (job description) staf administrasi/tenaga kependidikan.

AKUNTABEL

Pemilihan unsur pimpinan struktural yang akuntabel diadakan berdasarkan rapat yang diadakan secara khusus untuk pemilihan tersebut. Hasilnya berupa perolehan suara dan pernyataan kesediaan calon serta daftar pemilih disampaikan dan diusulkan ke Rektor untuk penetapannya. Untuk melaksanakan pekerjaan di tingkat  Fakultas  dipimpin oleh Dekan dan Wakil Dekan dan dibantu oleh Ketua Program Studi, Ketua perpustakaan dan staf Fakultasi (bidang akademik, bidang keuangan,bidang kemahasiswaan). Fakultas Ekonomi dalam pelaksanaan kegiatan akademik memberikan laporan pertanggungjawaban kepada Rektor. Dekan bertanggung jawab terhadap bekerjanya mekanisme sistem yang ada di Fakultas. Untuk memastikan jalannya mekanisme tersebut, dilakukan pengawasan terhadap kegiatan akademik melalui monitoring absen harian. Selain itu, setiap dosen maupun staf juga dilakukan evaluasi melalui pengukuran atau penilaian kinerjanya masing-masing.

BERTANGGUNG JAWAB

Pengelolaan  Fakultas Ekonomi Universitas Bosowa dilakukan secara bertanggungjawab yang memungkinkan berlangsungnya koordinasi lintas sektoral serta penerapan prinsip berbagi sumberdaya (resources sharing) secara optimal melalui mekanisme manajemen terpusat. Organisasi  Fakultas Ekonomi  diwujudkan dalam satu bentuk struktur organisasi Fakultas Ekonomi. Untuk mendukung kelancaran kinerja unit pengelola Program Studi disusun pedoman tertulis yang mengatur tugas pokok dan fungsi (tupoksi) untuk masing-masing pejabat struktural. Selain itu, peraturan-peraturan yang mengikat seluruh anggota sivitas akademika di Fakultas Ekonomi, ditegakkan melalui penyusunan pedoman-pedoman sebagai berikut:

  1. Panduan Penyelengaraan PendidikanFakultas Ekonomi
  2. Peraturan Akademik
  3. Pedoman Umum Penulisan Tugas Akhir/Tesis
  4. Pedoman penilaian/evaluasi belajar
  5. Pedoman penelitian dan pengabdian masyarakat
  6. SOP Akademik

Evaluasi dilaksanakan untuk menilai kinerja seluruh civitas akademika, mulai ditingkat Fakultas Ekonomi, program studi, dosen, tenaga kepandidikan dan mahasiswa. Bentuk evaluasi yang dilaksanakan mencakup evaluasi sebagai berikut:

  1. Evaluasi kinerja  ketua  program  studi  secara keseluruhan melalui laporan  pertanggung jawaban dalam bentuk rapat yang dihadiri seluruh dosen dan Dekan serta Wakil Dekan Fakultas Ekonomi.
  2. Evaluasi kinerja dosen secara keseluruhan melalui  quesioner oleh mahasiswa secara berkesinambungan setiap akhir semester.
  3. Evaluasi kinerja karyawan/tenaga kependidikan secara keseluruhan melalui penilaian atasan langsung.
  4. Evaluasi kinerja mahasiswa dalam proses belajar mengajar oleh dosen melalui penilaian terhadap hasil belajar mahasiswa setiap semester.

ADIL

Pengelolaan Fakultas EKonomi Universitas Bosowa dilakukan secara adil dengan mengadopsi prinsip manajemen partisipatif, pengambilan keputusan bersama melalui mekanisme rapat kerja, penerapan strutur organisasi lintas sektoral serta sistim penugasan dengan memperhatikan keahlian, sistim reward dan funishment.Sistem tata pamong yang adil pada Fakultas Ekonomi Universitas Bosowa dibangun atas profesionalisme kerja. Untuk melaksanakan tugas-tugasFakultas Ekonomi disusun sebuah struktur organisasi secara proporsional  mulai dari  Dekan, Wakil Dekan, Ketua Program Studi yang dibantu oleh tenaga kependidikan Fakultas/Program Studi.  Mekanisme untuk memilih pemimpin dan tata pamong Fakultas Ekonomi, mengacu pada pedoman yang disusun Universitas Bosowa dengan Rektor dan Yayasan.