Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Nullam augue felis, ultricies vel feugiat sed, malesuada nec quam. In commodo tempor porttitor. Aliquam erat volutpat. Etiam tempus sit amet purus ut dignissim. Nunc semper, diam sit amet finibus dignissim, turpis leo mattis eros, vitae hendrerit mi arcu sed quam. In rutrum eros a tempus euismod. Suspendisse ac mollis magna. Pellentesque in arcu a massa cursus viverra ut sed augue. Curabitur maximus magna lacus, sit amet consequat nisi tincidunt et. Maecenas sed enim urna. Donec vitae eros nibh. In ut justo ante. Suspendisse eu mi ut nisi pellentesque semper. Duis blandit accumsan pulvinar. Duis ultricies tempor elit ac tincidunt.

Bagan Struktur Organisasi Fakultas Ekonomi

Struktur-Organisasi-Fakultas-Ekonomi

Pimpinan Fakultas Ekonomi

DEKAN

BERTANGGUNG JAWAB KEPADA     :    REKTOR

Rumusan Tugas :

  1. Memimpin dan mengkoodinir, pelaksanaan kegiatan fakultas yang merupakan tugas pokok dan fungsi Universitas yaitu:
    • Pelaksanaan dan pengembangan Pendidikan dan Pengajaran dalam satu atau kelompok bidang ilmu, teknologi dan seni tertentu.
    • Pelaksanaanpenelitian untuk pengembangan ilmu teknologi dan atau seni tertentu.
    • Pelaksanaan pengabdian pada masyarakat
    • Pelaksanaan pembinaan sivitas akademika
    • Pelaksanaan kegiatan pelayanan administrasi
  2. Untukpelaksaan kegiatan-kegiatan tersebut dekan melaksanakan fungsi membuat rencana pelaksanaan kegiatan (Operational Planning) bagi bawahannya yang terdiri dari :
    • Wakil Dekan Bidang Akademik & Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan.
    • Kepala Tata Usaha Fakultas.
    • Para Ketua Jurusan.
    • Kelompok Dosen / Pengajar
  1. Mengorganisir sumber daya yang tersedia pada Fakultas (Sarana-Sarana, Tenaga Kerja dan Tugas-Tugas mereka seperti pada point 1)
  2. Mengarahkan, memotivasi dan membina pengembangan karyawan-karyawan Struktural pada khususnya dan membina Civitas Akademika dalam Lingkungan Fakultas.
  3. Mengkoordinir kegiatan dari semua unsur pelaksana Fakultas.
  4. Mengawasi pelaksanaan tugas-tugas dari semua unsur pelaksana Fakultas
  5. Membuat laporan-laporan sesuai kebutuhan Universitas.
  6. Menyediakan data/informasi yang dibutuhkan oleh Universitas baik untuk keperluan bahan perencanaan maupun untuk bahan-bahan pengambilan keputusan pada tingkat Rektorat.
  7. Menertibkan semua bentuk Format yang berkaitan dengan dengan Administrasi Akademik, Administrasi Keuangan, Administrasi Umum dan Administrasi Kepegawaian serta Administrasi Kemahasiswaan untuk selanjutnya didistribusikan kepada semua bagian dilingkungan Fakultas.
  8. Menertibkan mekanisme pelayanan surat-surat yang berkaitan dengan Akademik, Keuangan dan Kemahasiswaan.

WAKIL DEKAN I

BERTANGGUNG JAWAB KEPADA :    DEKAN

Rumusan Tugas :

Mewakili Dekan dalam Memimpin pelaksanaan Pendidikan dan Pengajaran Penelitian dan Pengabdian pada masyarakat, Bidang Administrasi Umum serta Bidang Kemahasiswaan. Untuk itu berfungsi menjalankan penelitian, mengawasi dan memelihara ketertiban dan mengkoordinasikan kegiatan di Fakultas yang meliputi :

  1. Perencanaan, pelaksanaan dan Pengembangan Pendidikan dan Pengajaran serta Penelitian.
  2. Pembinaan Tenaga Pengajar dan Peneliti.
  3. Penyusunan Program bagi usaha-usaha Pengembangan Daya nalar Mahasiswa.
  4. Perencanaan dan pelaksanaan kerja sama Pendidikan dan Penelitian antar Fakultas dalam lingkungan Universitas.
  5. Pengolahan Data yang menyangkut Bidang Pendidikan dan Pengajaran Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat.
  6. Kerjasama dilingkungan Universitas dalam setiap usaha dibidang pengabdian pada masyarakat serta usaha penunjungnya.
  7. Membantu mengawasi pelaksanaan pembayaran kewajiban Mahasiswa kepada Universitas/Yayasan.
  8. Pengurusan Karyawan.
  9. Pengurusan Kerumahtanggaan dan Pengelolaan Sarana dan Prasarana.
  10. Pengawasan Kebersihan
  11. Pengelolaan data yang menyangkut Administrasi Umum.
  12. Pengelolaan Perpustakaan.
  13. Penyusunan Anggaran Pemasukan dan Pengeluaran Dana Fakultas.
  14. Pelaksanaan Pembinaan Mahasiswa oleh seluruh Staf Pengajar dalam pengembangan sikap dan Orientasi serta kegiatan Mahasiswa antara lain dalam Seni Budaya, Olah Raga sebagai bagian pembinaan Civitas Akademika.
  15. Pelaksanaan Usaha Kesejahteraan Mahasiswa serta usaha Bimbingan dan Penyuluhan bagi Mahasiswa.
  16. Kerjasama dengan Fakultas dilingkungan Universitas dalam setiap usaha dibidang Kemahasiswaan.
  17. Membenahi/Merencanakan Pengelolaan Forum Kajian keilmuan
  18. Penciptaan Iklim Pendidikan yang baik dalam Kampus, Pembinaan/Pemeliharaan kesatuan dan persatuan Bangsa berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.
  19. Pelaksanaan kegiatan pengabdian pada Masyarakat dengan jalan membantu memecahkan masalah-masalah masyarakat dan pembangunan.
  20. Pengelolaan Data Pendidikan yang bersifat Ko-Kurikuler.
  21. Mengkoordinir Penyediaan Data untuk kebutuhan Data Elektronik yang dikoordinasikan dengan Ketua Program Studi dan Seluruh Staf.
  22. Menyusun Jadwal Perkuliahan.
  23. Menyusun Jadwal Ujian Akhir Semester.
  24. Menyusun Kepanitiaan dalam rangka Pelaksanaan UPM (Penguji, Pengamat Ujian dan Panitia Pelaksana).

WAKIL DEKAN II

BERTANGGUNG JAWAB KEPADA     : DEKAN

Rumusan Tugas :

Mewakili Dekan dalam Memimpin pelaksanaan kegiatan dibidang administrasi umum. Untuk itu berfungsi menjalankan penelitian, mengawasi dan memelihara ketertiban dan mengkoordinasikan kegiatan di Fakultas yang meliputi :

  1. Membantu mengawasi pelaksanaan pembayaran kewajiban-kewajiban mahasiswa kepada Universitas/Yayasan.
  2. Pengurusan karyawan.
  3. Pengelolaan perlengkapan.
  4. Pengelolaan pengarsipan.
  5. Pengurusan kerumahtanggaan dan pemeliharaan ketertiban.
  6. Pengurusan ketatausahaan.
  7. Penyelenggaraan HUMAS.
  8. Pengelolaan data yang menyangkut administrasi umum.
  9. Pengelolaan perpustakaan

WAKIL DEKAN III

BERTANGGUNG JAWAB KEPADA     : DEKAN

Rumusan Tugas :

Mewakili Dekan dalam Memimpin pelaksanaan Pendidikan dan Pengajaran Penelitian dan Pengabdian pada masyarakat, Bidang Administrasi Umum serta Bidang Kemahasiswaan. Untuk itu berfungsi menjalankan penelitian, mengawasi dan memelihara ketertiban dan mengkoordinasikan kegiatan di Fakultas yang meliputi :

  1. Perencanaan, pelaksanaan dan Pengembangan Pendidikan dan Pengajaran serta Penelitian.
  2. Pembinaan Tenaga Pengajar dan Peneliti.
  3. Penyusunan Program bagi usaha-usaha Pengembangan Daya nalar Mahasiswa.
  4. Perencanaan dan pelaksanaan kerja sama Pendidikan dan Penelitian antar Fakultas dalam lingkungan Universitas.
  5. Pegolahan Data yang menyangkut Bidang Pendidikan dan Pengajaran Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat.
  6. Kerjasama dilingkungan Universitas dalam setiap usaha dibidang pengabdian pada masyarakat serta usaha penunjungannya.
  7. Membantu mengawasi pelaksanaan pembayaran kewajiban Mahasiswa kepada Universitas/Yayasan.
  8. Pengurusan Karyawan.
  9. Pengurusan Kermahtanggaan dan Pengelolaan Sarana dan Prasarana.
  10. Pengawasan Kebersihan
  11. Pengelolaan data yang menyangkut Administrasi Umum.
  12. Pengelolaan Perpustakaan.
  13. Penyusunan Anggaran Pemasukan dan Pengeluaran Dana Fakultas.
  14. Pelaksanaan Pembinaan Mahasiswa oleh seluruh Staf Pengajar dalam pengembangan sikap dan Orientasi serta kegiatan Mahasiswa antara lain dalam Seni Budaya, Olah Raga sebagai bagian pembinaan Civitas Akademika.
  15. Pelaksanaan Usaha Kesejahteraan Mahasiswa serta usaha Bimbingan dan Penyuluhan bagi Mahasiswa.
  16. Kerjasama dengan Fakultas dilingkungan Universitas dalam setiap usaha dibidang Kemahasiswaan.
  17. Penciptaan Iklim Pendidikan yang baik dalam Kampus, Pembinaan/Pemeliharaan kesatuan dan persatuan Bangsa berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.
  18. Pelaksanaan kegiatan pengabdian pada Masyarakat dengan jalan membantu memecahkan masalah-masalah masyarakat dan pembangunan.
  19. Pengelolaan Data Pendidikan yang bersifat Ko-Kurikuler.
  20. Mengkoordinir Penyediaan Data untuk kebutuhan Data Elektronik yang dikoordinasikan dengan Pimpinan Jurusan dan Seluruh Staf.
  21. Menyusun Jadwal Perkuliahan.
  22. Menyusun Jadwal Ujian Akhir Semester.
  23. Menyusun Kepanitiaan dalam rangka Pelaksanaan UPM (Penguji, Pengamat Ujian dan Panitia Pelaksana).
  24. Membenahi/Merencanakan Pengelolaan Forum Kajian untuk Program Studi Psikologi.

JURUSAN / PROGRAM STUDI

KETUA JURUSAN/PROGRAM STUDI

BERTANGGUNG JAWAB KEPADA     : WAKIL DEKAN I

Rumusan Tugas :

Ketua Jurusan bertugas :

  1. Memimpin, Melaksanakan Pendidikan dan Pengajaran dalam sebagian atau satu cabang Ilmu, Teknologi atau Seni tertentu bagi Program Pendidikan yang ada.
  2. Memimpin, Melaksanakan Penelitian dan Pengembangan Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Seni tertentu.
  3. Memimpin melaksanakan pengabdian pada Masyarakat.
  4. Memimpin melaksanakan Pembinaan Civitas Akademika.
  5. Fungsi Pimpinan tersebut meliputi :
    1. Membuat Perencanaan Operasi.
    2. Pengorganisasian Kegiatan, Tenaga dan Sarana.
    3. Pengarahan Tenaga-Tenaga Pelaksana.
    4. Memberi Motivasi dan Pengembangan Tenaga-Tenaga Pelaksana.
    5. Mengkoordinasikan Pelaksanaan Kegiatan-Kegiatan tersebut.
    6. Mengawasi Pelaksanaan Kegiatan dan Mengambil Tindakan-Tindakan Koreksi bila diperlukan.
    7. Membantu Wakil Dekan dalam Kegiatan Pembinaan Kemahasiswaan.
  6. Pelaksana-Pelaksana yang dipimpin :
    1. Kelompok Pengajar.
    2. Mahasiswa Dalam Rangka Pembinaan
    3. Merencanakan Pengajar/Dosen setiap Semester.
    4. Menertibkan Silaby/SAP/GBPP setiap Mata Kuliah yang disajikan setiap Semester.
    5. Mengatur Penasehat Akademik.
    6. Mengidentifikasi Mahasiswa yang akan mengikuti Seminar Proposal dan Ujian Skripsi.
    7. Mendistribusi/Mengatur Pembimbingan Penulisan Skripsi sekaligus membuat daftar Pembimbingan Skripsi yang dikoordinasikan dengan Dekan/Wakil Dekan.
    8. Mengatur Penguji Proposal dan Skripsi yang dikoordinasikan dengan Dekan/Wakil Dekan.
    9. Mengkoordinasi dan Menertibkan Buku Sumbangan Mahasiswa untuk Perpustakaan Fakultas yang dikoordinasikan dengan KTU.
    10. Menyusun Administrasi dan Registrasi Mahasiswa, meliputi:
      1. Buku Registrasi Mahasiswa yang telah Ujian Skripsi
      2. Buku Registrasi Judul Skripsi dan Pembimbing yang telah ditetapkan.
      3. Buku Registrasi Mahasiswa yang telah Seminar Proposal.
    11. Membuat Konversi Nilai Mahasiswa Transfer.
    12. Membuat Jurnal Pantauan Aktivitas Perkuliahan.

BAGIAN TATA USAHA

KEPALA TATA USAHA

BERTANGGUNG JAWAB KEPADA     : DEKAN

Rumusan Tugas :

  1. Memimpin kegiatan-kegiatan Tata Usaha yang membawahi Sub-Bagian yang ada dibawahnya :
    • Sub Bagian Umum
    • Sub Bagian Akademik
    • Sub Bagian Kemahasiswaan
    • Sub Bagian Keuangan
  2. Memimpin dan Melaksanakan Administrasi secara keseluruhan yaitu Sub-Bagian :
    • Bidang  Administrasi Umum
    • Bidang Administrasi Akademik
    • Bidang Administrasi Kemahasiswaan
    • Bidang Administrasi Keuangan
  3. Memberi dan Membagi Tugas Bagian masing-masing dalam melaksanakan Tugas Administrasi Sesuai Bidangnya.
  4. Memberi Petunjuk kepada bawahan untuk kelancaran pelaksana tugas.
  5. Mengoreksi dan Memaraf pekerjaan sebagai bawahan untuk disampaikan ke Atasan.
  6. Menilai Prestasi kerja bawahan sebagai bahan pembinaan dan pembinaan karier.
  7. Menerima dan Mendistribusikan konsep surat dan berbagai macam pengumuman
  8. Mengarsip Surat Masuk dan Keluar.
  9. Mengontrol dan bertanggung Jawab Barang Inventaris Kantor disetiap Ruangan.
  10. Melaksanakan/Menertibkan Pantauan Perkuliahan sekaligus membuat Laporan Perkuliahan secara berkala sesuai permintaan Universitas.
  11. Menyusun Daftar Permintaan ATK persetiap semester.
  12. Membuat Daftar Hadir Mahasiswa Permata Kuliah.
  13. Menertibkan Pelayanan kepada Mahasiswa dan Perpustakaan.
  14. Mendaftar Mahasiswa yang akan mengikuti Wisuda Sarjana.
  15. Menertibkan/Membuat Buku Registrasi Mahasiswa Pindahan.
  16. Menertibkan Daftar Nilai Mahasiswa.
  17. Mengecek nilai mahasiswa di BAK sebelum mahasiswa ujian skripsi
  18. Membuat Daftar Konversi yang telah dikoreksi Jurusan.
  19. Membuat Transkrip Nilai.
  20. Membuat Daftar Jumlah Pembayaran SPP setiap Semester per Angkatan masing-masing Jurusan.
  21. Menertibkan KRS Mahasiswa setiap Jurusan per Angkatan.
  22. Mendistribusikan KRS untuk masing-masing Jurusan.
  23. Membuat Daftar Honor untuk Seminar Proposal, Ujian Skripsi, Panitia Ujian Skripsi dan Kegiatan UPM.
  24. Menertibkan Semua Pembayaran Honor yang didistribusikan melalui Fakultas.

STAFF FAKULTAS

BERTANGGUNG JAWAB KEPADA     : KEPALA TATA USAHA

Tugas Pokok Tenaga Administrasi :

  1. Menata sistem administrasi dan pengarsipan yang baik di fakultas,
  2. Menata administrasi umum sesuai kebutuhan,
  3. Membuat file yang berhubungan dengan administrasi dan kepegawaian,
  4. Mengarsipkan kebijakan dan keputusan-keputusan (SK) yang berhubungan dengan administrasi dan kepegawaian,
  5. Membuat konsep surat yang berhubungan dengan administrasi dan kepegawaian
  6. Menata administrasi yang berhubungan dengan kemahasiswaan dan akademik,
  7. Membuat dan menata file yang berhubungan dengan tugasnya,
  8. Mengarsipkan kebijakan/keputusan (SK. yang berhubungan dengan tugasnya,
  9. Operator PDPT tingkat Fakultas, menginput data semesteran sebagai pelaporan ke PDPT tingkat universitas.
  10. Sekretaris PDPT tingkat Universitas, penggabungan data dari PDPT dari seluruh fakultas untuk Kopertis wilayah IX serta mengirim data secara online ke PDPT dikti.
  11. Membuat Daftar Usulan Pengurusan Ijazah.
  12. Membuat Daftar Usulan Pengurusan Transkrip Nilai.
  13. Menyiapkan Undangan Ujian Seminar Proposal.
  14. Menyiapkan Undangan Ujian Skripsi.
  15. Menciptakan kondisi kerja baik,
  16. Melapor dan bertanggung jawab kepada KTU yang berhubungan dengan tugasnya.